Backparket di bali 27-2maret 2013 (solo traveling dengan biaya minim)

Minggu, 03 Maret 2013 0 komentar
Backpaker go to bali (solo traveling) dengan dana minim
Saya berangkat ke bali dari cilegon pada tangal 27 febuari dan baliknya 2 maret kebetulan dapat tiket promo airasia 350rb + bagasi 15kg pp . Selama di bali saya ngebolang sendirian , sebenarnya takut sih di bali sendirian karena tak tahu jalan dibali tapi sebelum kesana sudah bikin rute yang mau dituju selama disana.Oh ya, buat trasportasi disana saya sewa motor sama agan rembenk87 dan diantar kebandara jadi hemat biaya selama disana. Semalam belum berangkat gw sudah siapin barang apa aja yang di bawa selama disana.
27 febuari
Pagi jam 7 gw bangun, tumben bisa bangun pagi haha. Padahal boarding jam 15.00 masih lama, gw bangun pagi karena jam 9 mau menuju bandara. Jam 9 berangkat dah naik bus ke bandara, pertama ke serang dulu naik bis bayar 3rb, sampai di terminal sampai jam 10 kurang langsung naik damri kebandara bayar 40rb. Selama perjalanan tak ada apa” lumayan rame isi damri, dan sekitar jam 12-an sampai di terminal 3. Langsung check-in karena gw belum check-in online, setelah check-in dapat tempat duduk 29-f lumayan dekat jendela. Menurut pengalaman ane selama naik pesawat baru kali ini gampang banget check-in biasanya antri dan lama, kalo ada barang mau masuk bagasi ke counternye. Lumayan lah diruang tunggu 2 jam lebih, tapi agak panas dulu waktu pagi-pagi keterminal 3 naik mandala dinginnya luar biasa. Akhirnya jam 14.45 naik pesawat dan jam 15.10 akhirnya take off tapat sesuai jadwal.
 Selama perjalan jakarta – bali diguncang mulu kaga ada tenangya maklum cuaca lumayan buruk. Akhirnya jam 18.00 wita sampai dibali waktu cepat 1jam. Gw jalan menuju pakiran buat ketemu agan rombenk buat sewa motornya selama disana, setelah ketemu dan ngobrol” akhirnya gw pamitan sama si agan rombenk buat menuju popies line mencari penginapan. Dengan bermodal jalur yang dikasih tahu oleh agan rombenk87 akhirnya sampai di kuta dan pertama masuk ke popies line I, cari” dah penginapa yang murah kaga ketemu diatas 120rb, putar lagi masuk ke popies line II eh air hujan turun dari langit terpaksa pake mantel, tanya” eh akhirnya dapat yang yang 100rb permalam fasilitas ada kipas tapi breakfast kaga ada lagian kaga suka makan pagi gw. Akhirnya ane ambil dah buat semalam, kata penjaganya bule yang rame nginap disana. Sampai di kamar langsung mandi, abis mandi jalan-jalan keluar bentar sekitar pantai kuta moyoritas para orang asing semua disana. Kembali ke hotel langsung tidur buat ngebolang besok ke bali selatan.
Tiket bus dan damri 43.000
Tiket pesawat 350.000 pp
Sewa motor 3 hari 150.000
Penginapan 100.000
Bensin 9000
Total 652.000

28 febuari 2013
Pagi jam 5 waktu bali bangun sampai sadar jam 6 siap” dah akhirny sekitar 6.30 check out dari penginapan menuju bali selatan (nusa dua, dreamland, tanjung benoa, uluwantu, pantai bangala), sebelum kesana kemarenya ane minta pentunjuk dari angan rombenk87 rute kesana dan bermodal maps di hp. Berangkat rencana mau ke dreamland dulu, sepanjang perjalanan ngikutin jalur yang di kasih sama agan rembenk87 dan melihat info jalurnya. Mau ke dreamland eh nyasar ke nusa dua salah jalan mungkin gw, tak masalah main” di nusa dua dulu cuci mata lihat cewek, sampai di nusa dua jam 8.
udah puas sekitar jam 10 lanjut ke tanjung benoa. Lumayan dekat ke tanjung benoa ternyata disana pelabuhan, main ke pantai udah puas jepret” balik lagi cari jalan ke dreamland tapi makan dulu di nasi padang kenak 8rb. eh  pusing kaga ketemu yang mana dreamland akhirnya menuju uluwantu dulu dah sekitar jam 12.30 sampai disana bayar masuk 15rb ternyata pemandanganya luar biasa mantap benar, udah capek jalan turus naik lagi akhirnya ane putusin keluar. Selanjutnya menuju ke pantai belanga akhirnya jam 14.00 sampai disana bayar masuk 1rb, pantainya bagus benar , pasirnya putih tapi cuaca panas dan udah puas jepret. Gw putusin buat udahan keluar cari jalan ke dream land sekitar jam  15.00
Sudah mutar-mutar eh kaga nemu jalannya takut malah tambah nyasar akhirnya mutusin liat sunset di pantai kuta aja tapi sebelumnya mampit di pantai jimbaran dulu. Sekitar jam 16.00 sampai juga di pantai jimbaran kebanyakan bule berjemur, gw mah kaga tahan panasnya aje  Cuma bentar aje disana lanjut ke pantai kuta sekitar jam 17.00 tapi gw cari penginapan dulu dapat artawan lumayan 70rb permalam gw ambil 2 malam, abis itu gw bersih” badan yang udah kotor, abis itu ke pantai kuta tapi sayang mendung jadi kaga keliatan sunsetnya ya udah duduk” disana sampai 18.30 udah agak gelap ane mutar” dulu sekitar kuta dan perut lapar carilah nasi padang kenak 20rb makan pake rendang dan tambah 1, abis makan ane mau main ke pantai kuta saat malam dan ada seorang bule yang minta tolong di fotoin sama anjing y udah ane fotoin. Akhirnya sekitar jam 9 menuju penginapan buat istrahat buat kumpulin tenaga ke kintamani.
Masuk ke uluwantu 15.000
Penginapan 2 malam 140.000
Total 206.000

Tgl 1 maret
Bangun jam 5 eh mandi udah jam  6 lewat, lumayan nyaman tidur di arthawan dari pada dua dara menurut ane kipas dan kamar mandinya bersih di arthawan. Tapi di arthawan listriknya sering turu akhibatnya kipasnya lambat dan listrik kadang” padam. Oh y lanjut, abis mandi gw langsung siap” pas jam 7 gw berangkat menuju kintamani dan tak tahu jalan kesana dengan bermodal maps di hp dan pertunjuk jalan akhirnya bisa sampai ke kintamani dengan selamat tapi lewat jalan motong dan sepi sih tak jauh dari sana ada tempat main rifting. Yang pertama ke denpasar dulu trus gw cari jalan menuju ke gianyar dan pas ketemu petunjuk jalan menuju ke kintamani gw langsung belok dah dan lurus trus sampai ke kintamani tanpa bayar haha sampai di sana sekitar jam 9 lewat.
Pemandangan  disana sunguh bagus apalagi view danau batur dan gunung agung kalo kaga salah sih.  Ternyata kintamani cuaca cukup sejuk dan ada pure yang lumayan besar juga disana. Udah itu ane turun menuju ke danau batur liat apa saja yang ada disana sampai disana ada 2 belokan tapi ane lupa namanya haha. Abis itu ane ambil yang kanan aje, sampai di pelabuhan foto-foto bentar eh datang ibu-ibu yang jual disana, gw sedikit bingung ibu itu ngomong pake bahasa bali dan bahasa indonesianya kurang fasih menurut gw, eh si ibu-ibu itu intinya menyuruh ane beli yang di jual kayak kalung, gelang, kayak aksesoris gitu harganya lumayan bikin kantong terkuras 5-10rb . Gw bingung sambil cari duit eh ternyata terselip 2rb. Ane tawar dah biar si ibu ini pergi eh dapat gelang yang harganya 2rb padahal harga aslinya 5rb dia jual. Kaga rugi banyak haha. Udah puas jepret” akhirnya ane menuju ke pelabuhan padang bai, ngapain gw kesana pengen tahu aja trus sekalian main kepantai yang pasir hitam.
Akhirnya gw jalan pertama ke gianyar dulu barulah menuju jalan padang bai mengikuti maps sampai di gianyar sekitar jam 10.30, lalu lanjut ke klungkung eh kedengaran suara dari mesjid ya udah ane berhenti dulu buat sholat jum’at. Ternyata torelansi antar umat agama di bali sangat baik ya, padahal disana mayoritas beragama budha dan dekat mesjid yang ane sholat dekatnya ada pure. Abis sholat ane lanjut menuju jalan raya padang bai, di perjalanan ane nemu tempat yang biasa para fotografer motret disungai yang ada bendungannya. Sekitar jam 1.30 ane sampai di padang bai. Ternyata kalo ke gelimanuk bayar 140rb ternyata kebanyakan orang asing semua yang nyebrang ke sana. Sebentar disana ane menuju pantai hitam 2 tempat gw kunjungi Cuma 1 gw ingat namanya pantai batu klotok sampai disana sekitar jam 2 masuk kesana dan pas gw motret ke arah penambang ilegal batu yang mereka ambil dari laut eh ada seorang bapak” yang bilang “ngapain kamu disini” trus gw bilang mau motret pemandanganya pak. Lah trus bapak itu bilang ke ane “jangan ambil gambar ke arah sini, ke arah sana bisa kamu ambil” dengan tampang marah trus gw bilang “oke” sambil motret ke arah yang berbeda 1x padahal gw dapat foto mereka lagi nambang tapi Cuma ada 1. Para perkerja disana pada ngelihat gw dari pada masalah mending gw kabur aje.
Ternyata info yg gw dapat ternyata disana tempat penambang batu ilegal katanya udah lama tapi gw heran kenapa pemerintah bali  kaga bisa menglarang dengan tegas. Sejak kejadian itu ane males ke pantai hitam yang lain mending ke pasar seni sukowati beli oleh”. Sampai disana sekitar jam 15.30 beli oleh” pusing gw baru kali ini lihat pasar yang daganganya di kita di pangil” dan ditanya mau beli apa trus disini lihat dulu sambil di tarik. Beda sama tempat gw di bukittinggi aja kaga ada seperti ini kalo minat tingal masuk dan paling Cuma teriak barang mereka yang dijual. Gw disini bentar aje bikin pusing kepala habis duit disini 180rb dapat 3 tas, 3 baju kaos, 2 baju barong, 1 baju cewek dan 1 dompet. Saran gw kalo belanja disini nego habis aja kalo bisa contohnya mereko jual baju 45rb tawar aje 10rb kalo kaga dikasih ya udah jalan cari tempat lain dan intinya nego 70% dari harga mereka tawar ke kita.
Habis belanja di pasar sukowati ane lanjut menuju pantai sanur, mau ke tanah lot kaga cukup waktunya belum lagi jalan kesana. Y udah kesanur  tapi ane makan dulu habis belum makan seharian kenak 15rb pakai cincang + tambah nasi. Habis makan ke pantai sanur dan  sampai di sanur sekitar jam 16.20 bayar masuk 1rb lumayan lama disana karna cuaca mendung sih. Udah puas ane pingin ke kuta aje lihat legian lihat sunset. Tapi ane ke penginapan dulu mandi dulu habis perjalanan jauh. Sekitar jam 17.30 ane sampai di pantai duduk wah mendung tapi lumayan dapat ngelihat matahari terbenam walau Cuma kaga bagus. Abis dari pantai ane lanjut mutar” kaga tahu arah mau cari oleh” yang pernah ane lihat waktu pulang dari bali selatan tapi kaga tahu dimana tempatnya soalnya lupa haha. Malamnya sebelum besok pulang ane main di sekitar monumen bali lumayan dekat dari penginapan  puas foto” disana dan jalan” disekitar sana gw bule semua yang didalam cafe sambil minum”  sekitar jam 9 balik ke penginapan buat istrhat capek benar sebelum istrahat beres” dulu buat balik besok. Tapi ane sembal dan kesal pas tidur eh sekitar jam 2 kipasnya lambat dan trus mati listrik kemudian hidup lagi eh dari itu gw susah tidur sampai pagi.
Makan 15000 dan air 2500
Bensin 20.000
Parkir di sukowati 1000
Parkir disanur 1000
Parkir di legian 1000
Total 50.500

2 maret 2013
Waktunya ane pulang kembali ke cilegon padahal masih pengin ngejelajah tempat lain tapi waktu sudah waktunya balik naik airasia lagi boarding jam 12.00 tapi ane kebandara jam 9.30 udah janji sama agan rombenk87 buat antar motor dia dan check-in. Habis beres-beres sekitar jam 7 ane check-out dari hotel jalan” dulu di pantai legian dan kuta dan makan isi perut. Lagi jalan” di sekitar pasar tapi ane lupa namanya ketemu ibu” yang jual resoles y udah ane beli  habis 6rb. Makan dipantai kuta. Udah kenyang jalan menuju bandara eh ketemu warung jawa makan lagi habis 12rb
Jam 9.30 kurang ane sudah sampai di bandara dan ketemu agan rembenk87 ngasih motor dia  dan ngobrol bentar trus ane pamit mau kebandara buat check-in online dan masukin tas ke bagasi soalnya badan udah sakit” bawa tas berat mulu haha. Ternyata di bali kenak airpotex 40rb, waktu di termnal 3 kaga ada bayar. Akhirnya jam 12.00 akhirnya take off sayonara bali. Jam 14.00 keluar bandara dan naik damri menuju ketempat asal
Lesoles 6.000
Total 101.000
Total semua 1.009.500 selama 4 hari 3 malam
Itu total sama oleh” 180.00 kalo dikurangi oleh” itung aja

ini cuma sebagai tempat yang gw tahu gw sebut, ada sekitar 4 tempat yang gw lupa namanya