SISTEM
CERDAS
·
Sistem
Pencarian google
Mesin pencari atau Search engine adalah program
komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang
tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis,
ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah
komputer peladendalam suatu jaringan. Search engine merupakan
perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian
umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat
akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits.
Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam
jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas
lainnya.
Cara kerja mesin pencari
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan
informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW.
Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web
otomatis yang mengikuti setiap pranala/link yang dilihatnya. Isi setiap halaman
lalu dianalisis untuk menentukan cara indeks-nya (misalnya, kata-kata diambil
dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta
tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks
untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari,
seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman
sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu
sendiri.
Selain halaman web, Mesin pencari juga menyimpan
dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk
pada file, seperti file audio, file video,
gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang
seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin
terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.
Ketika seseorang mengunjungi mesin pencari dan
memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin
mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan
kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan
kadang-kadang sebagian teksnya.
Ada jenis mesin pencari lain: mesin pencari real-time,
seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang
diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan
dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google,
sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal: informasi
selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit sumber daya
sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase
hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih lama rampungnya.
Manfaat mesin pencari bergantung
pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada
jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frasa, sebagian halaman
mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan
mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk
menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil
“terbaik” lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai,
dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metode
nya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan
berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha
komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian
menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar
halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.
Proses Pencarian
Melakukan pencarian dokumen yang dimuat pada suatu
situs bisa begitu mudah dan kelihatannya mungkin sulit juga. apalagi mengignat
begitu menyebarnya informasi dimana-mana, bahkan University of Calofornia
menyebutkan saat ini telah terdapat lebih dari 50 milyar halaman web
di internet, meskipun tidak ada ada satupun yang benar-benar tahu jumlah
persisnya.
kesulitan yang mungkin terjadi adalah karena WWW
tersebut tidak terdata dalam bentuk yang terstandardisasi isinya. tidak sama
halnya dengan katalog yang ada di perpustakaan, yang memiliki standardisasi
secara mendunia berdasarkan subjek dari judul buku, meskipun jumlahnya juga
tidak sedikit.
Dalam pencarian di web, pengguna selalu
memperkirakan kata apa yang di kira-kira terdapat pada halaman yang ingin anda
temukan. atau kira-kira apa subjek yang dipilih oleh seseorang untuk mengelolah
halaman situs yang mereka kelola, topik apa saja kira-kira yang di bahas.
Jika pengguna melakukan apa yang dikenal dengan
pencarian pada halaman web, sebenarnya tidaklah melakukan pencarian. tidak
mungkin melakukan pencarian di WWW secara langsung.
Pada web benar-benar terdiri dari banyak
sekali halaman web yang ingin disimpan dari berbagai server diseluruh
dunia. Komputer pengguna tidak langsung melakukan pencarian kepada
seluruh komputer tersebut secara langsung.
Apa yang mungkin pengguna lakukan hanyalah melalui
komputer untuk mengakses satu atau lebih perantara yang disebut dengan alat
bantu pencarian yang ada saat ini. Melakukan pencarian pada alat bantu itu tadi
ke database yang dimiliki. data base tersebut mengkoleksi situs-situs yang
ditemukan dan simpan.
alat bantu pencarian ini menyediakan hasil pencarian
dalam bentuk hypertext link dengan URL menuju halaman lainnya.
ketika anda klik link ini, dan menuju ke alamat tersebut maka dokumen, gambar,
suara dan banyak lagi bentuk lainnya yang ada pada server tersebut
disediakan, sesuai dengan informasi yang terdapat di dalamnya. layanan ini bisa
menjangkau ke manapun di seluruh dunia.
Prinsip Umum Dari mesin pencari
Sistem kinerja mesin ini ada beberapa hal yang perlu
di perhatikan terutama keterkaitannya dengan masalah arsitekrut dan
mekanismenya.
Spider
Merupakan program yang men-download halaman-halaman
yang mereka temukan, mirip dengan browser. Perbedannya adalah bahwa browser menapilkan
secara langsung informasi yang ada (baik tekas, gambar, dll). Untuk kepentingan
manusia yang menggunakannya pada saat itu, sedangkan spider tidak melakukan
untuk menampilkan dalam bentuk yang terlihat seperti itu, karena kepentingannya
adalah untuk mesin, bukan untuk manusia, spider pun dijalankan oleh mesin
secara otomatis. Kepentingannya adalah untuk mengambil halaman-halaman yang
dikunjunginya untuk disimpan kedalam database yang dimiliki oleh search engine.
Crawler
Merupakan program yang dimiliki search engine untuk
melacak dan menemukan link yang terdapat dari setiap halaman yang ditemuinya.
Tugasnya adalah untuk menentukan spoder harus pergi kemana dan mengevaluasi
link berdasarkan alamat yang ditentukan dari awal. Crawler mengikuti link dan
mencoba menemukan dokumen yang belum dikenal oleh search engine.
Indexer
Komponen ini melakukan aktifitas untuk menguraikan
masing-masing halaman dan meneliti berbagai unsur, seperti teks, headers,
struktur atau fitur dari gaya penulisan, tag HTML khusus, dll.
Database
Merupakan tempat standar untuk menyimpan data-data
dari halaman yang telah dikunjungi, di-download dan sudah dianalisis. kadang
kala disebut juga dengan index dari suatu search engine.
Result Engine
Mesin yang melakukan penggolongan dan penentuan
peringkat dari hasil pencarian pada search engine. Mesin ini menentukan halaman
mana yang menemui kriteria terbaik dari hasil pencarian berdasarkan permintaan
penggunanya, dan bagaimana bentuk penampulan yang akan ditampilkan.
Proses ini dilaksanakan
berdasarkan algoritma perangkingan yang dimiliki oleh search engine
tersebut, mengikuti kaidah perangkingan hakaman yang dipergunakan oleh mereka
adalah hak mereka, para peneliti mempelajari sifat-sifat yang mereka gunakan,
terutama untuk meningkatkan pencarian yang dihasilkan oleh serach engine
tersebut.
Web Server
Merupakan komponen yang melayani permintaan dan
memberikan respon balik dari permintaan tersebut. Web Server ini biasanya
menghasilkan informasi atau dokumen dalam format HTML. Pada
halaman tersebut tersedia layanan untuk mengisikan kata kunci pencarian yang
diinginkan oleh usernya. Web Server ini juga bertanggung jawab dalam
menyampaikan hasil pencarian yang dikirimkan kepada komputer yang meminta
informasi.
Beginilah
Cara Kerja Mesin Pencari Google
Google baru saja meluncurkan sebuah situs baru
yang dinamakan “How Search Works”. Melalui situs ini, pengguna dapat
menemukan berbagai grafik dan juga animasi yang menarik. Melalui animasi ini,
Google berhasil menjelaskan proses pencarian dengan cara yang sangat mudah
untuk dipahami.
Secara garis besar, ada tiga langkah yang dilakukan
oleh sistem pencarian Google. Ketiga langkah tersebut adalah Crawling &
Indexing, Algoritma, dan Fighting Spam.
Sistem Google akan memulai proses pencarian dengan
mencari kata yang diinginkan oleh pengguna ke sekitar 30 triliun halaman situs
yang ada di dunia maya.
Setelah selesai mencari, kata-kata tersebut akan
dibuatkan indeks. Saat proses indexing selesai dikerjakan,
proses algoritma super-rumit akan mulai bekerja memilah-milah konten mana yang
diprediksi paling sesuai dan akhirnya sistem akan menampilkan hasilnya kepada
pengguna.
Hebatnya, semua proses pencarian tersebut dilakukan dengan
waktu supercepat, yaitu sekitar 1/8 detik saja.
Selain proses tersebut, Google juga menghadirkan
beberapa slide yang mengungkapkan bagaimana sistem mampu
melawan situs berisikan spam atau pesan sampah. Dalam slide ini,
Google membeberkan cara mereka menghapus dan bagaimana cara mereka bertarung
dengan spam.
·
Graph
Teori graph merupakan salah satu bagian yang paling
penting dalam matematika kombinatorial. Pada teori graph diberikan model
matematika untuk setiap himpunan dari sejumlah objek diskrit, dimana beberapa
pasangan unsure dari himpunan tersebut terikat menurut suatu aturan tertentu.
Objek diskrit dari himpunan tersebut dapat berupa orang-orang yang memenuhi
aturan tertentu, misalnya aturan kenal. Objek dapat juga berupa suatu himpunan
nama kota dengan aturan jalan yang menghubungkan antara kota satu ke kota yang
lain. Makalah pertama tentang teori graph ditulis oleh seorang ahli matematika
dari Swiss Leonard Euler pada tahun 1736 yang berisi persoalan jembatan
Konigsberg. Cikal bakal dari teori graph dinyatakan dalam bentuk permainan atau
teka-teki. Tetapi sekarang ini teori graph telah dapat memberikan kerangka
dasar bagi banyak persoalan yang berhubungan dengan struktur dan hubungan
antara suatu objek diskrit dalam bentuk apapun. Pemakaian teori graph telah
dapat diterapkan dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan seperti ekonomi,
psikologi, ilmu sosial, genetika, riset operasional dan lain sebagainya.
B. Defenisi
Graph
Sebuah graph G berisikan dua himpunan yaitu himpunan
berhingga tak kosong V(G) dari obyek-obyek yang disebut titik (vertex) dan
himpunan berhingga (mungkin kosong) E(G) yang elemen-elemennya disebut sisi
(edge) sedemikian hingga setiap elemen e dalam E(G) merupakan pasangan tak
berurutan dari titik-titik di V(G). Himpunan V(G) disebut himpunan titik G, dan
himpunan E(G) disebut himpunan sisi G.
Sebuah graph G dapat dipresentasikan dalam bentuk
diagram (gambar) dimana setiap titik G digambarkan dengan sebuh noktah dan
setiap sisi yang menghubungkan dua titik di G digambarkan dengan sebuah kurva
sederhana (ruas garis) dengan titik-titik akhir di kedua titik tersebut.
Sebuah sisi graph yang menghubungkan sebuah titik
dengan dirinya sendiri disebut gelung (loop). Jika terdapat lebih dari satu
sisi yang menghubungkan dua titik u dan v pada suatu graph, maka sisi-sisi
tersebut disebut sisi-rangkap/sisi-ganda (multiple-edges).
C.
Jenis-jenis Graph
- Graph sederhana: Graph yang tidak mempunyai sisi rangkap dan tidak memiliki gelung disebut graph sederhana.
- Graph rangkap: Sebuah graph yang memiliki sisi rangkap tetapi tidak memiliki gelung disebut graph rangkap (multi-graph).
- Graph semu: Sebuah graph yang memilki sisi rangkap dan memiliki gelung disebut graph semu (pseudograph).
- Graph komplit: Sebuah graph komplit (graph lengkap) dengan n titik, dilambangkan dengan Kn , adalah graph sederhana dengan n titik dan setiap dua titik berbeda dihubungkan dengan sebuah sisi. Sebuah graph lengkap sering juga disebut sebagai graph universal. Kerena tiap titik dalam grap lengkap selalu dihubungkan dengan titik lain melalui satu sisi, maka derajat tiap titik dalam sebuah graph lengkap G dengan n titik adalah n-1. Dengan demikian, banyaknya sisi dalam graph lengkap G
- Graph bagian (subgraph): Sebuah graph H disebut graph bagian (subgraph) dari graph
- Graph teratur: Sebuah graph disebut graph teratur jika semua titiknya berderajat sama. Misal graph teratur berderajat tiga.
- Graph lingkaran: Graph sederhana yang setiap titiknya berderajat dua disebut graph lingkaran. Graph lingkaran dengan n titik dilambangkan dengan Cn. Graph lingkaran ini disebut juga graph teratur berderajat dua.
- Graph kosong atau graph nol: Graph yang tidak memiliki sisi disebut graph kosong atau graph nol. Graph nol dengan n titik dilambangkan dengan Nn. Graph yang hanya mempunyai satu buah titik tanpa sebuah sisi dinamakan graph trivial. Misal graph kosong dengan tiga titik (N3).
- Graph bipartisi: Sebuah graph G disebut graph bipartisi jika V(G) (himpunan titik graph G) dapat dipartisi menjadi dua himpunan bagian X dan Y sedemikian sehingga setiap sisi dari G menghubungkan sebuah titik di X dan sebuah titik di Y. Kita notasikan (X,Y) bipartisi dari G. Apabila G sederhana dan bipartisi dengan partisi (X,Y) sedemikian sehingga setiap titik di X berhubungan langsung dengan setiap titik di Y, maka G disebut graf bipartisi lengkap, dinotasikan dengan Km,n dengan m dan n adalah banyaknya titik dikedua partisi tersebut.
- Graph berbobot: Sebuah graph G disebut graph berbobot jika setiap sisinya diberi sebuah harga.
D. Terminologi
(Istilah) Dasar Pada Graph
- Bertetangga (adjacent): Dua buah titik, titik u dan titik v pada graph tak berarah G dikatakan bertetangga bila keduanya terhubung langsung dengan sebuah sisi. Dengan kata lain, u bertetangga dengan v jika (u,v) adalah sebuah sisi pada graph G.
- Bersisian (incident): Misal sembarang sisi , sisi e dikatakan bersisian dengan titik u dan titik v.
- Titik terpencil (isolated vertex): Titik terpencil adalah titik yang tidak mempunyai sisi yang bersisian dengannya. Atau, dapat juga dikatakan bahwa titik terpencil adalah titik yang tidak satupun bertetangga dengan titik-titik lainnya.
- Jalan (walk): Misalkan G adalah sebuah graph. Sebuah jalan (walk) di G adalah sebuah barisan berhingga (tak kosong) yang suku-sukunya bergantian titik dan sisi, sedemikian hingga dan adalah titik-titik akhir sisi ei, untuk . Katakan W adalah sebuah jalan dari titik (titik awal) ke titik (titik akhir), sedangkan titik-titik disebut titik-titik internal W dan k disebut panjang jalan W. Dengan kata lain, jalan (walk) ialah dimana sisi dan titiknya boleh berulang.
- Jejak (trail): Jejak adalah jalan yang sisi-sisinya tidak ada yang sama, tetapi titiknya boleh ada yang sama.
- Lintasan (path): Lintasan adalah jejak yang semua titiknya berbeda (sisi dan titiknya tidak ada yang sama).
- Sirkit: Sirkit adalah Jejak tertutup.
- Siklus/lintasan tertutup (sikel): Sikel adalah sebuah sirkit yang titik awal dan semua titik internalnya berbeda (titik awal dan titik akhirnya sama dimana titik dan sisinya tidak ada yang berulang).
- Terhubung dan tidak terhubung: Suatu graph G dikatakan terhubung jika dan hanya jika setiap 2 titik dalam G terhubung. Sedangkan suatu graph G dikatakan tidak terhubung jika dan hanya jika ada 2 titik dalam G yang tidak terhubung.
- Komplemen: Misalkan G sebuah graph sederhana. Komplemen G dilambangkan dengan , adalah graph sederhana yang himpunan titiknya sama dengan himpunan titik G dan dua titik u dan v di berhubungan langsung jika dan hanya jika di G titik u dan v tidak berhubungan langsung.
- Isomorfik: Dua graph G dan H dikatakan isomorfik ditulis , jika:Terdapat korespondensi satu-satu antara V(G) dan E(G) dan Banyaknya sisi yang menghubungkan dua titik u dan v di G, sama dengan banyaknya sisi yang menghubungkan dua titik di H yang korespondensi dengan titik u dan titik v.
Graph
Node
Node ( simpul ) merupakan simpul atau lingkaran daerah
strategis di mana arah atau aktivitasnya saling bertemu dan dapat diubah kea
rah atau aktivitasnya saling bertemu dan dapat diubah kearah atau aktivitas
lain,misalnya persimpangan lalu lintas ,stasiun ,lapangan terbang ,jembatan
dll.
node adalah sebuah
titik persambungan. node dalam jaringan komputer adalah sebuah perangkat
elektronik aktif yang terhubung ke satu jaringan, mampu mengirim dan menerima
maupun meneruskan informasi melalui saluran komunikasi.
0 komentar:
Posting Komentar