Subroutine
atau procedure adalah suatu blok program terpisah yang digunakan untuk
mengerjakan suatu pekerjaan tertentu. Kegunaan yang umum dari subroutine adalah
menghemat kode program bila terjadi proses yang sama diulang berkali-kali.
Salah satu bentuk subroutine di dalam visual basic dikenal dengan event dari
komponen Pada bab-bab sebelumnya sudah banyak digunakan subroutine ini
Penulisan
subroutine di dalam Visual Basic dibedakan menjadi 3 macam:
(1) Subroutine yang bersifat event dari komponen tertentu
(subroutine ini sudah tersedia dalam library Visual Basic sebagai modul OOP
dalam Visual Basic) dituliskan dengan:
Private
Sub Komponen_Event(Input)
…………………………………………………………………………………
End
Sub
(2) Subroutine yang bersifat metode private dimana
pemanggilan subroutinenya hanya ditulis dengan nama subroutine (Subroutine ini
adalah subroutine yang dibuat sendiri), dituliskan dengan:
Private
Sub Nama_Fungsi(Input)
…………………………………………………………………………………
End
Sub
(3) Subroutine yang bukan event atau metode, dimana
pemanggilannya menggunakan call NamaSubroutine, dituliskan dengan:
Sub
Komponen_Event(Input)
…………………………………………………………………………………
End
Sub
Pemakaian
Subroutine semacam ini banyak ditemui pada pemrograman game dalam Visual Basic.
Sama
seperti subroutine, fungsi adalah suatu blok program yang digunakan untuk suatu
pekerjaan tertentu. Beda fungsi dan subroutine adalah subroutine tidak
menghasilkan nilasi sedangkan fungsi menghasilkan nilai. Fungsi sering kali
digunakan untuk proses-proses perhitungan. Pernyataan fungsi secara umum
dituliskan dengan:
Output
= Fungsi(Input)
Sebagai contoh
untuk menyatakan fungsi f dengan input x dan output y dituliskan dengan y=f(x).
Definisi fungsi di
dalam Visual Basic mengikuti aturan fungsi dimana ada input dan ada output
dituliskan dengan:
Private
Function NamaFungsi(Input) As Tipe_Data_Output
………………………………………………
NamaFungsi=
End
Function
Nama Subrutin : TONE1K
Alamat Awal : 05DEH
Fungsi : Meberikan nada dengan Frekuensi 1 KHz
Input : Register HL diisi bilangan 16 bit dari 0000h - 7FFFH untuk
menentukan lama suara
Output Data : Nada 1 KHz di Loud Speaker
Nama Subrutin : TONE
Alamat Awal : 05E4H
Fungsi : Meberikan nada dengan Frekuensi dan lama suara yang dapat kita
pilih.
Input : Register C diisi bilangan yang menentukan frekuensi nada dengan
rumus :
200
F = -------------------------------- KHz
10 + 3 ( isi Register C)
T = ( 44 + 13 (Isi Register C)) x 2x 0,56
mikro detik
Register HL diisi bilangan 16 bit dari 0000h - 7FFFH dan isi HL
menentukan lama suara
Output Data : Nada di Loud Speaker
0 komentar:
Posting Komentar