Subroutine

Sabtu, 22 Desember 2012 0 komentar


Subroutine atau procedure adalah suatu blok program terpisah yang digunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan tertentu. Kegunaan yang umum dari subroutine adalah menghemat kode program bila terjadi proses yang sama diulang berkali-kali. Salah satu bentuk subroutine di dalam visual basic dikenal dengan event dari komponen Pada bab-bab sebelumnya sudah banyak digunakan subroutine ini

Penulisan subroutine di dalam Visual Basic dibedakan menjadi 3 macam:
(1) Subroutine yang bersifat event dari komponen tertentu (subroutine ini sudah tersedia dalam library Visual Basic sebagai modul OOP dalam Visual Basic) dituliskan dengan:
Private Sub Komponen_Event(Input)
…………………………………………………………………………………
End Sub
(2) Subroutine yang bersifat metode private dimana pemanggilan subroutinenya hanya ditulis dengan nama subroutine (Subroutine ini adalah subroutine yang dibuat sendiri), dituliskan dengan:
Private Sub Nama_Fungsi(Input)
…………………………………………………………………………………
End Sub
(3) Subroutine yang bukan event atau metode, dimana pemanggilannya menggunakan call NamaSubroutine, dituliskan dengan:
Sub Komponen_Event(Input)
…………………………………………………………………………………
End Sub
Pemakaian Subroutine semacam ini banyak ditemui pada pemrograman game dalam Visual Basic.

Sama seperti subroutine, fungsi adalah suatu blok program yang digunakan untuk suatu pekerjaan tertentu. Beda fungsi dan subroutine adalah subroutine tidak menghasilkan nilasi sedangkan fungsi menghasilkan nilai. Fungsi sering kali digunakan untuk proses-proses perhitungan. Pernyataan fungsi secara umum dituliskan dengan:

Output = Fungsi(Input)
Sebagai contoh untuk menyatakan fungsi f dengan input x dan output y dituliskan dengan y=f(x).
Definisi fungsi di dalam Visual Basic mengikuti aturan fungsi dimana ada input dan ada output dituliskan dengan:
Private Function NamaFungsi(Input) As Tipe_Data_Output
………………………………………………
NamaFungsi=
End Function
 Nama Subrutin : TONE1K
Alamat Awal : 05DEH
Fungsi : Meberikan nada dengan Frekuensi 1 KHz
Input : Register HL diisi bilangan 16 bit dari 0000h - 7FFFH untuk menentukan lama suara
Output Data : Nada 1 KHz di Loud Speaker

Nama Subrutin : TONE
Alamat Awal : 05E4H
Fungsi : Meberikan nada dengan Frekuensi dan lama suara yang dapat kita pilih.
Input : Register C diisi bilangan yang menentukan frekuensi nada dengan rumus :
                          200
      F = -------------------------------- KHz
         10 + 3 ( isi Register C)
      T = ( 44 + 13 (Isi Register C)) x 2x 0,56 mikro detik

Register HL diisi bilangan 16 bit dari 0000h - 7FFFH dan isi HL menentukan lama suara
Output Data : Nada di Loud Speaker

0 komentar:

Posting Komentar

Google Translate

 

©Copyright 2009-2013 geovani orlando |