Analisa Kebutuhan perangkat lunak

Senin, 24 Februari 2014 0 komentar

Merupakan proses menemukan, memperbaiki, memodelkan dan menspesifikasikan.
Terdiri dari lima langkah pokok:
1. Identifikasi Masalah
2. Evaluasi dan sintesis
3. Pemodelan
4. Spesifikasi
5. Review

Dalam menemukan Area permasalahan, perlu adanya komunikasi yang intensif dengan user. Hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi adalah menghindari salah interpretasi
Pertanyaan pertama memfokuskan pada pengertian dasar permasalahan:
1. Menemukan yang membutuhkan software tersebut:
a. Siapa yang membutuhkan sistem (serta personal di belakangnya) ?
b. Siapa yang akan menggunakan solusi
c. Apa yang akan menjadi keuntungan ekonomis dari solusi yang baik
d. Adakan sumber lain dari solusi yang dibutuhkan
2. Bentuk solusi yang diinginkan
a. Bagaimana user mengkarakteristikkan suatu output sistem yang baik yang akan dihasilkan oleh solusi yang benar
b. Masalah-masalah apa yang akan dicarikan solusinya?
c. Lingkungan solusi yang akan digunakan
d. Adakah isu atau kendala khusus yang berdampak kepada solusi
3. Efektifitas
a. Mendapatkan person yang benar/berhak atas jawaban pertanyaan,
b. Apakah pertanyaan yang diajukan relevan dengan permasalahan
c. Adakah personal lain yang dapat menambah informasi
d. Adakah hal lain yang perlu ditambahkan?

Jenis Kebutuhan:
1. Kebutuhan Fungsional
Pendefinisian layanan yang harus disediakan, bagaimana reaksi sistem terhadap input dan apa yang harus dilakukan sistem pada situasi khusus (Kebutuhan sistem dilihat dari kacamata pengguna)
2. Kebutuhan Non-Fungsional
Kendala pada pelayanan atau fungsi sistem seperti kendala waktu,
kendala proses pengembangan, standard, dll. Contoh: kehandalan, waktu
respon dan kebutuhan storage. Contoh kendala seperti: Keterbatasan
kemampuan peralatan I/O, representasi sistem dll.

0 komentar:

Posting Komentar

Google Translate

 

©Copyright 2009-2013 geovani orlando |