Perangkat Lunak dan Rekayasa Perangkat lunak

Jumat, 22 November 2013 0 komentar
Perangkat Lunak dan Rekayasa Perangkat lunak

definisi perangkat lunak
+ instruksi-instruksi (program komputer) yang ketika dijalankanmenyediakan fitur-fitur, fungsi-fungsi, dan kinerja-kinerja yang dikehendaki.
+ struktur data yang memungkinkan program-program memanipulasiinformasi.
+ informasi deskriptif pada salinan tercetak dan bentuk-bentuk mayayang menggambarkan pengoperasian dan penggunaanprogram-program

karakteristik khas dari aplikasi-aplikasi web
- kepadatan jaringan
- keserempakan
- jumlah pengguna yang tidak dapat diprediksi
- kinerja
- ketersediaan
- digerakkan oleh data
- peka terhadap isi
- evolusi yang berkesinambungan
- kesegeraan
- keamanan
- estetika

rekayasa perangkat lunak
- pahami permasalahan sebelum mengembangkan penyelesaian
- perancangan merupakan hal yang inti dalam aktifitas rekayasa perangkatlunak
- perangkat lunak harus berkualitas tinggi
- perangkat lunak harus bersifat dapat dipelihara 

definisi rekayasa perangkat lunak dalam roger s pressman,menurut fritz bauer[nau69]: perangkat lunak adalah pembuatan danpenggunaan prinsip-prinsip penting rekayasa supaya pengguna bisamemperoleh perangkat lunak secara murah yang dapat diandalkan dan bekerjasecara efisien pada mesin-mesin yang sesungguhnya.

proses perangkat lunak (software process)process adalah sekumpulan activity, action, dan task yang dikerjakanketika produk dibuat.

“activity berupaya mencapai tujuan yang luas dan diaplikasikan tanpa mempertimbangkan domain aplikasi, ukuran proyek, kompleksitas, tingkatkekakuan dimana sofware engineering diaplikasikan action meliputi sekumpulan tugas yang menghasilkan produk utama.
“task berfokus pada hal yang kecil tetapi dengan tujuan yang terdefinisidengan baik dan memberikan hasil yang nyata.

“process framework merupakan dasar dari software process secara lengkapdengan mengidentifikasi sejumlah kecil framework activities yangdiaplikasikan pada seluruh project tanpa memperhitungkan ukuran dankompleksitasnya. sebagai tambahan didukung oleh sekumpulan umbrellaactivities yang diaplikasikan pada seluruh software process.
process framework (kerangka kerja process)>  komunikasi- perencanaan- pemodelan- konstruksi- penyerahan ke pelanggan/pengguna (deployment)

“umbrella activity (kegiatan penyangga)
- penelusuran dan kendali proyek perangkat lunak : menilai kemajuan proyek dan mengambil tindakan yang diperlukan
- manajemen resiko : menilai resiko yang mungkin berpengaruh pada hasil akhir
- penjaminan kualitas perangkat lunak : memperjelas dan melakukan kegiatan yang diperlukan dalam menjamin kualitas
- ulasan/tinjauan teknis : menemukan dan menyingkirkan kesalahan sebelum menjalar pada aktifitas berikutnya
- pengukuran : menjelaskan dan mengumpulkan tolok ukur agar memenuhi kebutuhan stakeholder
- manajemen konfigurasi perangkat lunak : mengatur perubahan di seluruh proses perangkat lunak
- manajemen penggunaan ulang : menjelaskan kriteria bagi penggunaan ulang produk dan membangun mekanisme untuk terbentuknya komponen yang reusable
- persiapan produk kerja dan produksi : meliputi model, dokumen, catatan,form dan daftar

praktek rekayasa perangkat lunak
- esensi praktek
 “pahami permasalahannya, rancang solusinya, laksanakan rancangannya dan periksa hasilnnya
- prinsip-prinsip umum
“ alasan keberadaan perangkat lunak, tetap sederhana, pertahankan visi, apa yang anda buat akan digunakan oleh konsumen, membuka diri terhadap masa depan, rancanglah selangkah ke depan sehingga dapat digunakan kembali dan pikirlah

Mitos perangkat lunak ada 3, yaitu :
1.       Mitos Manajemen 
Jika kita tertinggal dari jadwal yang ditetapkan, kita menambah beberapa progammer saja. Konsep ini sering disebut Mongolin harde concept.
2.       Mitos Pelanggan 
Kebutuhan proyek yang terus menerus berubah dapat dengan mudah diatasi karena software itu bersifat fleksibel.
3.       Mitos praktisi
Tidak ada metode untuk analisa dan testing terhadap suatu pekerjaan, cukup menuju ke depan terminal dan mulai coding. Realitasnya : Metode untuk analisa desain dan testing diperlukan dalam pengembangan software


0 komentar:

Posting Komentar

Google Translate

 

©Copyright 2009-2013 geovani orlando |