Perangkat
Lunak dan Rekayasa Perangkat lunak
definisi
perangkat lunak
+
instruksi-instruksi (program komputer) yang ketika dijalankanmenyediakan
fitur-fitur, fungsi-fungsi, dan kinerja-kinerja yang dikehendaki.
+
struktur data yang memungkinkan program-program memanipulasiinformasi.
+
informasi deskriptif pada salinan tercetak dan bentuk-bentuk mayayang
menggambarkan pengoperasian dan penggunaanprogram-program
karakteristik khas dari
aplikasi-aplikasi web
-
kepadatan jaringan
-
keserempakan
-
jumlah pengguna yang tidak dapat diprediksi
-
kinerja
-
ketersediaan
-
digerakkan oleh data
-
peka terhadap isi
-
evolusi yang berkesinambungan
-
kesegeraan
-
keamanan
-
estetika
rekayasa perangkat lunak
-
pahami permasalahan sebelum mengembangkan penyelesaian
-
perancangan merupakan hal yang inti dalam aktifitas rekayasa perangkatlunak
-
perangkat lunak harus berkualitas tinggi
-
perangkat lunak harus bersifat dapat dipelihara
definisi
rekayasa perangkat lunak dalam roger s pressman,menurut fritz bauer[nau69]:
perangkat lunak adalah pembuatan danpenggunaan prinsip-prinsip penting rekayasa
supaya pengguna bisamemperoleh perangkat lunak secara murah yang dapat
diandalkan dan bekerjasecara efisien pada mesin-mesin yang sesungguhnya.
proses perangkat lunak (software
process)process adalah sekumpulan activity, action, dan task yang
dikerjakanketika produk dibuat.
“activity berupaya mencapai
tujuan yang luas dan diaplikasikan tanpa mempertimbangkan domain aplikasi,
ukuran proyek, kompleksitas, tingkatkekakuan dimana sofware engineering
diaplikasikan action
meliputi sekumpulan tugas yang menghasilkan produk utama.
“task berfokus pada hal
yang kecil tetapi dengan tujuan yang terdefinisidengan baik dan memberikan
hasil yang nyata.
“process framework merupakan dasar
dari software process secara lengkapdengan mengidentifikasi sejumlah kecil
framework activities yangdiaplikasikan pada seluruh project tanpa
memperhitungkan ukuran dankompleksitasnya. sebagai tambahan didukung oleh
sekumpulan umbrellaactivities yang diaplikasikan pada seluruh software process.
process
framework (kerangka kerja process)>
komunikasi- perencanaan- pemodelan- konstruksi- penyerahan ke
pelanggan/pengguna (deployment)
“umbrella activity (kegiatan
penyangga)
-
penelusuran dan kendali proyek perangkat lunak : menilai kemajuan proyek dan
mengambil tindakan yang diperlukan
-
manajemen resiko : menilai resiko yang mungkin berpengaruh pada hasil akhir
-
penjaminan kualitas perangkat lunak : memperjelas dan melakukan kegiatan yang
diperlukan dalam menjamin kualitas
-
ulasan/tinjauan teknis : menemukan dan menyingkirkan kesalahan sebelum menjalar
pada aktifitas berikutnya
-
pengukuran : menjelaskan dan mengumpulkan tolok ukur agar memenuhi kebutuhan
stakeholder
-
manajemen konfigurasi perangkat lunak : mengatur perubahan di seluruh proses
perangkat lunak
-
manajemen penggunaan ulang : menjelaskan kriteria bagi penggunaan ulang produk
dan membangun mekanisme untuk terbentuknya komponen yang reusable
-
persiapan produk kerja dan produksi : meliputi model, dokumen, catatan,form dan
daftar
praktek rekayasa perangkat lunak
-
esensi praktek
“pahami permasalahannya, rancang solusinya,
laksanakan rancangannya dan periksa hasilnnya
-
prinsip-prinsip umum
“
alasan keberadaan perangkat lunak, tetap sederhana, pertahankan visi, apa yang
anda buat akan digunakan oleh konsumen, membuka diri terhadap masa depan,
rancanglah selangkah ke depan sehingga dapat digunakan kembali dan pikirlah
Mitos perangkat lunak ada 3, yaitu :
1. Mitos Manajemen
Jika kita tertinggal dari jadwal yang ditetapkan, kita menambah
beberapa progammer saja. Konsep ini sering disebut Mongolin harde concept.
2. Mitos Pelanggan
Kebutuhan proyek yang terus menerus berubah dapat dengan mudah
diatasi karena software itu bersifat fleksibel.
3. Mitos praktisi
Tidak ada metode untuk
analisa dan testing terhadap suatu pekerjaan, cukup menuju ke depan terminal
dan mulai coding. Realitasnya : Metode untuk analisa desain dan testing
diperlukan dalam pengembangan software
0 komentar:
Posting Komentar