Tips Membuat Password 15 Karakter Lebih Yang Sangat Sulit, Tapi Tetap Gampang Untuk Diingat

Kamis, 19 Januari 2012 0 komentar
Dijaman yang serba canggih, Password kita pun harus canggih, agar Hacker tidak bisa mengakses akun penting kita. Dari judulnya, tidak mungkin kamu dapat mengingat Password 15 karakter atau lebih. Apalagi, itu sangat sulit. Tenang saja, diartikel yang lalu, saya membagikan software KeePass. Dengan software tersebut, kita dapat menyimpan Password kita dengan aman. Tetapi, sebenarnya KeePass mempunyai fitur lain.

Fitur lainnya yaitu membuat password otomatis buat kita. Dengan sedikit mengkonfigurasi pengaturan pembuatan password, kita akan dapat membuat password 15 bahkan 20 karakter lebih dengan mudah, tapi tetap disimpan dalam KeePass. Caranya adalah sebagai berikut:

Unduh KeePass
Silahkan unduh KeePass dilink ini http://keepass.info/. Ada 2 versi yaitu yang bisa diinstall dan juga versi portablenya. Keduanya sama saja, tergantung mana yang menurut pembaca lebih baik. Filenya sangat kecil jadi mudah untuk diunduh.
Buat Database Baru
Buat database baru dengan cara klik File > New...


















Lalu, buatlah Master Password yang baru. Master password dibutuhkan untuk membuka database password kita. Sehingga, dari puluhan password yang harus diingat, kita hanya mengingat satu password saja untuk mengetahui semua password. Jika sudah membuat Master Password, klik Ok.

Sebagai contoh, saya akan membuat Password untuk E-mail saya. Pada panel sebelah kiri, klik E-mail. Lalu klik Add Entry...
























Secara otomatis, KeePass akan membuat Password dengan 20 karakter yang sangat sulit. Untuk melihat passwordnya, klik tanda titik 3 disebelah kotak password untuk melihatnya.




























Setelah di klik, maka akan keluar Passwordnya seperti berikut ini:




























Bagaimana, sangat sulit kan passwordnya? Semua orang tidak akan tahu password ini. Jika kamu ingin mengatur password yang dibuat, klik icon disebelah bawah icon titik 3 tersebut.










Maka akan keluar dialog box 'Password Generator'. Kamu bisa mengatur karakter apa yang akan dimasukkan ke Password kamu yang baru. Pada 'Generate using character set', kamu bisa mengatur karakter apa saja yang akan dipakai. Sebagai contoh, saya akan mencentang seluruh karakter.


















Jika sudah selesai, klik Generate. Lalu, akan terbentuk password yang tidak mungkin Hacker secanggih apapun bisa menebak password kamu. Silahkan lihatlah password 15 karakter yang saya buat.





Bagaimana? Janganlah tercengang. Karena Password tersebut akan mengamankan akun apa saja yang kamu miliki. Entah itu Password untuk Visa, atau apapun juga, tidak akan ada orang yang bisa tahu passwordnya. Jika sudah selesai, klik Accept. Klik OK untuk menyudahinya.

Password kamu akan tersimpan di KeePass. Untuk mengakses database kamu, cukup kamu hanya memasukkan Master Password dan kamu dapat melihat kembali Password kamu. Begitu mudah, fleksibel, simpel, dan dapat membuat password yang sangat sulit.

0 komentar:

Posting Komentar

Google Translate

 

©Copyright 2009-2013 geovani orlando |