Cara Merawat Barerai HP Yang Baik

Senin, 11 April 2011 0 komentar
Kita tentu dibuat kesal jika sedang telpon masalah bisnis dengan rekan tiba-tiba HP kita mati, mungkin baterai hape drop. Berikut tips cara merawat baterai handphone agar tidak cepat rusak :

1. Janganlah membiasakan menunggu baterai habis saat akan mengisi kembali baterai handphone karena akan membuat baterai cepat rusak. Jika baterai sudah terlihat hampir kosong, cepatlah mengisi/charge lagi.

2. Janganlah membiasakan menggunakan charger yang sembarangan walaupun dalam satu merk. Hal ini karena daya pada charger baterai itu berbeda-beda sehingga akan mengakibatkan baterai handphone cepat rusak. Beda daya pada baterai handphone sangat mempengaruhi kapasitas baterai saat melakukan pengisian.

3. Cabutlah kabel charger handphone jika baterai handphone sudah terisi penuh. Jangan terlalu lama di-charge karena akan membuat baterai bocor dan baterai jadi cepat habis.

4. Agar baterai awet saat penggunaan, usahakan tidak menggunakan mode getar dan bunyi secara bersamaan karena akan memakan isi baterai yang cukup besar.

5. Kurangilah volume ringtone dan volume speaker handphone karena semakin tinggi digunakan akan memakan isi baterai cukup besar juga. Santunnya, jangan lupa sesuaikan dengan pendengaran anda.

6. Matikanlah infrared dan bluetooth handphone jika sudah tidak diperlukan lagi.

7. Dan kurangi ketajaman cahaya pada LCD handphone anda.

8. Jika anda sedang mengecas baterei, sebaiknya ponsel dalam keadaan mati. Jika ponsel menyala akan terjadi arus keluar masuk secara bergantian yang akibatnya akan merusak molekul dalam baterai. Ini juga akan mengakibatkan terjadinya memori effect pada baterai. Apalagi saat kita mencharge, lantas ponsel digunakan untuk koneksi, itu akan menambah beban pada proses kimia dalam baterai.

9. Kurangi menerima atau menelfon di dalam mobil. Karena pada saat itu dia berusaha keras mencari sinyal dari BTS terdekat. Ketika kita bergerak menjauh dari BTS maka pada saat itu dia berusaha mencari sinyal pada BTS yang lebih dekat. Aktivitas seperti itulah yang memakan energi baterai lumayan besar. Apalagi kita melakukan koneksi internet dalam kondisi bergerak dengan kecepatan tinggi.

10.Saat akan mencharge baterai ponsel, sebaiknya ponsel di keluarkan dari leather case/sarung handphone karena pengecasan baterai dapat menimbulkan panas yang bisa saja dapat menyebabkan umur ponsel dan baterai anda menurun.

11. Jangan sering-sering chargering di mobil. Saat mengisi baterai dalam kendaraan, kita menggunakan pemantik api sebagai sambungan. Voltase pada kendaraan sering tidak stabil, sehingga dapat mengakibatkan tidak stabilnya arus masuk ke dalam baterai.

12. Jika umur baterai telah lebih dari enam bulan, sering-sering lah membersihkan pin dan Connector baterai dengan cotton bud atau tissue.

13.Matikan fungsi-fungsi yang tidak penting dan tidak perlu untuk di gunakan. Misalnya Bluetooth, kamera aktif, vibrate/getar, GPRS, sering menyalakan led badan ponsel, screensaver yang cepat, mengaktifkan backlight siang hari, sering buka tutup sliding, dan multitasking.

14. Berhematlah saat anda mengaktifkan MP3, radio, Bluetooth dan bermain games.




CARA MENGECAS BATERE HP YG BAIK :

1. Saat Pengecasan yang tepat
Saat pengecasan batere yang paling tepat adalah pada saat indikator pada batere menunjukkan batas minimal (1 garis) tetapi jangan sampai sudah didahului “tone”atau ada tulisan batere lemah. Apalagi sampai berkali-kali “tone”tadi berbunyi mengingatkan pemiliknya. Namun kenyataannya kita sering di tengah perjalanan atau dalam situasi kerja yang sibuk, HP kita berbunyi tidak cuma sekali mengingatkan kita kalau batere lemah perlu dicas. Nah,karena tidak bawa cas akhirnya HP merana kekurangan tenaga. Bahkan tragisnya ada yang sampai “tewas” seketika. Andaikata sudah bawa cas,bingung lagi musti ngecas di mana?rumah teman,kantor,atau rumah makan?

Saran : Pada saat HP berbunyi mengingatkan batere lemah, apabila tidak memungkinkan isi batere(cas) sebaiknya HP dinonaktifkan saja. Ini untuk menyelamatkan batere dari kemungkinan kerusakan dan penurunan performa batere. Jangan tunggu sampai HP padam dengan sendirinya. Konsekuensinya Anda tidak bisa melakukan komunikasi melalui HP. Antisipasi : bawa batere cadangan,atau HP yang lain (nggak maksa lho, ya kalau pas punya duit buat beli).

2). Lama Pengecasan yang tepat
Lama pengecasan pada umumnya sekitar 3 sampai 4 jam, namun lebih bijaksana segera menghentikan pengecasan begitu indikator batere sudah menunjukkan penuh (tidak bergerak) atau ada tulisan “batere penuh “. Segera hentikan dan cabut instalasi pengecasan. Namun pada sebagian kasus banyak rekan masih beranggapan bahwa makin lama pengecasan akan semakin baik/semakin tahan lama. Ada pula yang mengecas semalam suntuk karena dia ketiduran sampai keesokan harinya. Pada sebagian jenis HP/batere tertentu memang ada outlet kelebihan energi saat pengecasan, namun tipe-tipe batere yang lain hal itu justru merusak karena over dosis muatan listriknya. Kadang ada reaksi spontan batere menggembung.Akhirnya batere tidak jadi tahan lama justru malah makin ngedrop. Sebaliknya, pengecasan yang tidak maksimal/tidak sampai indikator penuh akan menimbulkan penurunan performa batere, dipakai sebentar saja sudah pasti akan ngedrop.

Saran : Cas batere begitu dia membutuhkan atau “lapar” dan hentikan begitu dia sudah tak membutuhkan atau “kenyang”.

3).cara pengecasan yang benar
Pada saat mengecas Anda perlu memastikan saluran kabel antara yang menuju arus listrik dan yang menuju HP harus terkoneksi dalam posisi yang benar dan sempurna(tidak goyah/renggang). Namun kadang ada rekan yang tidak menyadari saat mengecas arus listrik tidak mau masuk-masuk juga,atau kadang masuk kadang tidak. Setelah saya teliti ternyata hubungan kabel stop kontaknya kurang pas /masih renggang atau goyah.

Pengecasan batere HP agar hasilnya lebih optimal maka HP perlu dinonaktifkan. Karena pengecasan batere pada saat HP on/hidup akan membutuhkan waktu lebih lama. Kinerja batere juga terpengaruh karena harus melakukan dua pekerjaan sekaligus yaitu mengisi dan mengeluarkan energi secara bersamaan.

Perlakuan Batere Baru
Pengecasan pada batere baru perlu perlakuan khusus. Ibarat motor baru mesti pakai reiyen dulu. Nah, pengecasan batere baru biasanya ada petunjuk khusus pada kemasannya. Namun jika tidak ada, Anda perlu melakukan pengecasan selama minimal 8 jam dalam posisi HP non aktif. Hal ini diulangi lagi pada pengecasan kedua dan ketiga. Maksudnya agar seluruh elemen di dalam batere aktif sempurna seluruhnya. Pengecasan batere baru yang kurang dari ketentuan akan mengakibatkan sebagian elemen di dalam batere tidak aktif, akibatnya kinerja dan performa batere tidak bisa maksimal seperti yang kita harapkan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

©Copyright 2009-2013 .geovani orlando. |